Produktifitas Zona Waktu

Masim “Vavai” Sugianto
2 min readJun 9, 2024

--

Salah satu hal yang saya rasakan tiap kali ke daerah tertentu yang memiliki zona waktu berbeda adalah soal produktifitas.

Singapura memiliki zona waktu GMT+8, berarti 1 jam lebih cepat dari Jakarta. Ini agak aneh sebenarnya, karena Singapura ada di barat, harusnya justru lebih lambat dibanding Jakarta. GMT+8 itu mestinya daerah Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi. Saya pernah membaca, namun lupa membaca dimana, bahwa salah satu alasan mengapa Singapura GMT+8 dan lebih cepat 1 jam adalah agar warga Singapura lebih produktif.

Dengan zona waktu 1 jam lebih awal, Singapura bisa mulai beraktivitas lebih awal dan selesai aktivitas lebih akhir, sehingga waktu produktifnya lebih banyak.

Saya biasanya tidur jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi. Seperti halnya saat saya di Makassar, saya tetap mengikuti jam Singapura untuk bangun namun dengan mengikuti waktu di Jakarta untuk tidur. Maksudnya, saya tidur jam 10 malam waktu Jakarta (berarti jam 11 malam jam Singapura atau Makassar) dan bangun jam 4 pagi waktu Singapura alias jam 3 pagi di Jakarta.

Dengan model demikian, waktu produktif saya lebih banyak, meskipun dengan konsekuensi waktu tidur saya berkurang, hehehe…

Selain itu, dengan penataan kota, lalu lintas dan penerapan peraturan yang tegas, mau tidak mau orang menuruti peraturan tersebut. Meskipun kita slebor dan cenderung urakan, saat bertemu sistem yang tegas biasanya kita akan menurut. Menyeberang jalan dijalur yang disediakan, berjalan kaki karena suasana nyaman (ditambah lagi biaya transportasi pribadi yang mahal) dan ketersediaan fasilitas umum dan transportasi umum yang memadai, membuat warganya bisa lebih sehat dan lebih bahagia.

Kita bisa beralasan karena Singapura relatif kecil sehingga bisa demikian, namun kan tidak ada salahnya juga belajar dari kelebihan dan kemajuan mereka. Belum tentu juga kita punya area seluas Singapura dan bisa dibentuk semaju Singapura juga.

Catatan : Saya pernah menulis mengenai keunggulan zona waktu disini : https://www.vavai.com/keunggulan-komparatif-luar-jawa/

Originally published at https://www.vavai.com on June 9, 2024.

--

--

Masim “Vavai” Sugianto

Traveller, Open Source Enthusiast & Book Lover. Works as Independent Worker & Self-Employer. https://www.excellent.co.id #BisnisHavingFun https://www.vavai.com