Saung Sederhana di Rumah Kabin Zeze Zahra

Masim “Vavai” Sugianto
3 min readMar 11, 2023

Saat main dan menginap di rumah kabin Zeze Zahra di Batujaya Karawang, saya biasanya lebih banyak beraktivitas diluar, antara lain di area ternak ayam, bebek, entok dan angsa. Di area ini banyak pohon pete, kelapa, mangga, jambu biji dan sawo.

Saat terik panas, saya biasanya berteduh dibawah pohon sawo. Dari posisi ini, rumah kabin bisa terlihat jelas sisi sampingnya.

Saat duduk dibawah pohon sawo itu, saya ngobrol dengan adik saya Qchen dan Achos. Berdasarkan posisi dan pemetaan tempat, saya pikir bagus juga jika area sekitar pohon sawo dibersihkan dan dirapikan, sawah didepannya diubah menjadi ladang dan dijadikan sebagai lahan untuk mendukung kegiatan pertanian dan peternakan secara komersil.

Misalnya, lahan itu akan ditanami rumput odot sebagai persiapan pakan untuk ternak kambing, kemudian ditanami juga pepaya California, jambu kristal dan jeruk sebagai oleh-oleh menyenangkan saat bermain ke rumah kabin.

Secara bertahap niatan itu direalisasikan. Secara paralel, saya sekalian membuat saung kecil sederhana di area dekat pohon sawo, agar bisa digunakan untuk shalat dan untuk bersantai saat beraktivitas disekitaran tempat tersebut.

Sebagian bahan pembuatan saung ini diambil dari balok dan papan yang dibuat dari batang pohon yang ditebang. Nantinya saya juga berniat membuat meja kayu disamping saung sehingga bisa digunakan untuk bersantai di pagi dan sore hari.

Saat ini saungnya belum selesai, masih dirapikan dan dihaluskan. Saya juga masih perlu membersihkan dan merapikan jalur kali kecil di depan saung tersebut. Kali kecil itu adalah sebagian area sawah yang saya pisahkan yang nantinya akan ditebari ikan, sehingga Vavai dan Vivian bisa mancing dari atas saung dengan leluasa.

Originally published at https://www.vavai.com on March 11, 2023.

--

--

Masim “Vavai” Sugianto

Traveller, Open Source Enthusiast & Book Lover. Works as Independent Worker & Self-Employer. https://www.excellent.co.id #BisnisHavingFun https://www.vavai.com