Tips Project Pribadi : Menentukan Batas Minimal

Masim “Vavai” Sugianto
2 min readMar 13, 2023

Salah satu hal penting dalam memastikan tercapainya project-project pribadi adalah menentukan batas atau target minimal untuk todo list yang akan dilakukan.

Misalnya saya ingin olah raga dengan alasan kesehatan, itu jangan diserahkan pada mood kita. Nanti jadi tidak standar. Lebih baik tentukan batas minimal target harian, misalnya olah raga minimal 10 menit setiap harinya.

Saat saya membaca ebook atau mendengarkan audio book misalnya, itu minimal 1 bab. Saat saya mengikuti training mengenai Python, itu harus saya lakukan dengan target minimal satu materi dengan kisaran waktu 10–15 menit setiap harinya.

Namanya target minimal, boleh lebih tidak boleh kurang. Misalnya saya memiliki target minum 2 liter air per hari, namun boleh saja jika saya minum lebih dari 2 liter, asal jangan berlebihan.

Adanya target minimal ini akan membuat kita bisa menjaga standar pencapaian tujuan, sekaligus meningkatkannya secara bertahap.

Sebagai contoh, diawal-awal saya hanya punya batas minimal 10 menit berolahraga setiap harinya. Di bulan kedua, batas minimal itu saya naikkan menjadi 15 menit. Kemudian 20 menit hingga sekarang menjadi 30 menit.

Batas minimal juga bermanfaat agar kita bertanggung jawab pada target yang sudah ditetapkan. Jika saya ingin menabung sebesar 12 juta rupiah dalam satu tahun, itu berarti saya harus menabung satu juta rupiah setiap bulannya. Boleh lebih tidak boleh kurang. Rencana yang disusun tidak boleh mengandaikan adanya kebetulan atau keajaiban.

Jika kita berniat untuk umroh dengan biaya misalnya 30 juta rupiah dan ingin terkumpul dalam waktu 5 tahun, berarti harus menabung minimal 500 ribu rupiah per bulan. Tidak bisa mengandaikan, “Saya menabung 100 ribu rupiah setiap bulan, siapa tahu nanti ada rezeki dadakan atau rezeki nomplok, saya bisa menabung sekaligus besar”.

Mengapa pengandaian itu tidak boleh menjadi bagian dari perencanaan, karena namanya pengandaian, sifatnya masih tentative. Belum pasti akan terjadi. Aka berbahaya jika kita mengacu pada keajaiban untuk target yang ditetapkan.

Jika kita sudah menentukan batas minimal dan menjalaninya secara rutin dan ternyata mendapat rezeki dadakan, itu adalah hal yang berbeda dan bisa menjadi keberuntungan, namun sifatnya kasuistis saja.

Semoga bermanfaat dan tetap bersemangat.

Originally published at https://www.vavai.com on March 13, 2023.

--

--

Masim “Vavai” Sugianto

Traveller, Open Source Enthusiast & Book Lover. Works as Independent Worker & Self-Employer. https://www.excellent.co.id #BisnisHavingFun https://www.vavai.com